Main content

[su_row][su_column size="1/4" center="no" class=""]

[su_button url="https://drive.google.com/open?id=1Nfd0tds8KGGsgtpqm2YvY_7FTVFbSchd" target="blank" style="flat" background="#d61214" size="6" center="yes"]Unduh[/su_button]

[/su_column] [su_column size="3/4" center="no" class=""]

Pelajaran dari Sumba Iconic Island (SII)

Sejak diinisiasi pada tahun 2010, implementasi pengembangan Ener-gi Baru Terbarukan di Pulau Sumba dalam kerangka Program Ikonik Sumba atau Sumba Iconic Island (SII) telah menunjukkan beberapa capaian, sekaligus menghadapi berbagai tantangan. Sebagai salah satu inisiator program SII, Hivos telah melaksanakan berbagai studi dan pendampingan tentang pengembangan sumber-sumber potensi energi baru terbarukan di Pulau Sumba, serta teknologi yang sesuai, guna pencapaian target SII.

Tulisan ini merupakan laporan kajian Pembangunan Energi Bersih di Pulau Sumba yang dikembangkan dalam program Sumba Iconic Island (SII), menggunakan pendekatan system thinking dan system dynamics. System thinking adalah sebuah perspektif yang melihat persoalan dalam perspektif sistem. Penggambarannya biasa dikonstruksikan dalam format Casual Loop Diagram (CLD) dan stock flow diagram. System dynamics adalah langkah memodelkan persoalan yang dilihat dengan system thinking ke dalam bentuk simulasi komputer. System thinking dan system dynamics biasa digunakan untuk mengkaji, mendesain suatu kebijakan dengan menggambarkan kompleksitas sistem serta bentuk-bentuk hubungan antar unsur dalam sistem.

 

[/su_column][/su_row]