Main content

Berita dan Cerita

  • Pembelajaran dari Call for Project Concept Note NDA-GCF Indonesia 2019

    24/02/2020

    Pembelajaran dari Call for Project Concept Note NDA-GCF Indonesia 2019 February 24, 2020 Pada pertengahan Desember 2019, Hivos bersama dengan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan  mengadakan CSO Learning Forum yang kedua. Pembahasan berkisar pada  perkembangan terkini Green Climate Fund (GCF) di Indonesia, pembelajaran dari Call for Proposal yang telah dilakukan pada bulan Agustus 2019 […]

  • Cerita Kesetaraan Gender dalam Proyek Energi Terbarukan dari Jantung Sumba

    17/12/2019

    Cerita Kesetaraan Gender dalam Proyek Energi Terbarukan dari Jantung Sumba December 17, 2019 Oleh Lina Noviandari, Knowledge Management Consultant Strategic Partnership Green and Inclusive Energy Manase Anwar Umbu Wulang tidak pernah membayangkan mimpinya untuk memiliki usaha sendiri akan terwujud. Hasil berkebunnya tidak akan cukup untuk dijadikan modal, sementara daya tawar Anwar yang rendah membuatnya kesulitan […]

  • Menyalakan Listrik, Menerangi Pendidikan di Pulau Sumba

    03/12/2019

    Dalam beberapa tahun terakhir, Pulau Sumba muncul sebagai salah satu destinasi wisata pilihan di Indonesia. Lanskap Pulau Sumba yang berbukit-bukit penuh padang rumput memang tampak indah jika disandingkan dengan birunya langit.

  • Anggota Balai Perempuan: “Pola Pikir Kami Tentang Isu Energi Berubah”

    01/12/2019

    Pada 27 September 2019, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengadakan sebuah acara yang bertajuk “Monitoring & Evaluation: Program Kampanye Kebijakan dan Peningkatan Kesadaran Masyarakat Konsumen Terhadap Permasalahan Energi Bersih di Jawa Tengah”.

  • Memanfaatkan Energi Terbarukan untuk Memproduksi Garam

    29/11/2019

    Rembang merupakan salah satu kabupaten penghasil garam krosok di Indonesia. Menarik bahwa kontribusi garam krosok bagi PDRB Rembang, ternyata cukup signifikan.

  • Pendatang yang Menyalakan Pelita di Praimbana

    28/11/2019

    Beberapa tahun lalu, pasangan suami istri Daniel Raja Lodo dan Dina Maramba Meha memutuskan untuk mulai menetap di Desa Praimbana, Sumba Timur; sekitar satu jam dari Desa Melolo, tempat mereka dulu tinggal. Sama seperti sebagian besar penduduk Desa Praimbana, keluarga ini menggantungkan hidupnya dengan bertani.